font-weight:800; font-size:12px;

Giat MDMC Lampung Pasca Longsor Ulu Belu Tanggamus

 IMG 1061
Giat MDMC Lampung Pasca Longsor Ulu Belu Tanggamus, 3 Juni 2024 (dok/mdmc lampung)

PWMLAMPUNG.OR.ID, Tanggamus - Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Lampung menunjukkan komitmennya dalam membantu masyarakat terdampak bencana dengan merespons cepat longsor yang melanda Kecamatan Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus. Longsor yang terjadi beberapa waktu lalu telah menyebabkan kerusakan parah pada rumah dan pekarangan warga, meninggalkan trauma mendalam dan mengganggu aktifitas sehari-hari.

Menyadari dampak luas dari bencana ini, MDMC Lampung mengirimkan tim medis dan psikososial yang terdiri dari tim profesional dan berpengalaman. Tim medis, yang terdiri dari dua dokter umum, satu dokter spesialis penyakit dalam dan tiga paramedis.

Memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga yang mengalami luka-luka. Serta gangguan kesehatan lainnya yang muncul pasca bencana. 

Selain itu, tim medis juga memberikan edukasi kesehatan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan sanitasi lingkungan untuk mencegah penyebaran penyakit.

Sementara itu, tim psikososial yang terdiri dari psikolog dan konselor memberikan dukungan psikologis kepada warga yang mengalami trauma akibat bencana. Melalui sesi konseling individu dan kelompok.

Tim psikososial membantu warga mengatasi kecemasan, ketakutan dan kesedihan yang mereka rasakan. Selain itu, tim psikososial juga memberikan pelatihan keterampilan coping mechanism untuk membantu warga menghadapi situasi sulit di masa depan.

MDMC Lampung juga membagikan kebutuhan dasar warga dengan membagikan 100 paket sembako. Paket sembako ini berisi beras, minyak goreng, gula dan mi instan. Juga kebutuhan pokok lainnya yang sangat dibutuhkan oleh warga yang kehilangan sumber penghasilan akibat bencana.

Ketua MDMC Tanggamus, Arif Rahman, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari semangat tolong-menolong dan kepedulian sosial yang dijunjung tinggi oleh Muhammadiyah.

"Kami berharap bantuan yang kami berikan dapat meringankan beban warga yang terdampaklongsor. Kami juga berharap pelayanan trauma healing dapatmembantu warga pulih dari trauma dan kembali menjalanikehidupan normal," ujar Arif Rahman.

Dampak sosial dari kegiatan MDMC Lampung sangat signifikan. Bantuan medis dan psikososial telah membantuwarga mengatasi dampak fisik dan psikologis dari bencana, sementara bantuan sembako telah meringankan bebanekonomi mereka. 

"Selain itu, kehadiran MDMC Lampung juga telah memberikan dukungan moral dan semangat bagi wargauntuk bangkit dari keterpurukan," katanya.

Kegiatan MDMC Lampung di Ulu Belu merupakan contohnyata bagaimana organisasi kemasyarakatan dapat berperanaktif dalam membantu masyarakat terdampak bencana. Melalui kolaborasi antara tim medis, tim psikososial, dan relawan, MDMC Lampung telah memberikan bantuan yang komprehensif dan tepat sasaran bagi warga Ulu Belu.(pri/mdmclampung)

Giat Persyarikatan

OFFICE

Majelis Pustaka 

Gedung Da'wah Muhammadiyah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung

JL. Kapten Piere Tendean No. 7 Palapa Durian Payung, Bandar Lampung 35116 Telphone/Fax: 0721-242117

Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
155
158
155
102696
4999
4507
104036
Your IP: 100.28.132.102
24-06-2024
© Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung Powered By Rubelmu.id

Rubid.id by Rubid.id