PWM Lampung Gelar Kajian Ramadhan 2023 dan Buka Puasa Bersama

kajian rmdhn 2023BANDARLAMPUNG--Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung menggelar kajian Ramadhan dan acara buka puasa bersama secara luring dan daring. Kegiattan kajian ramadhan dan acara buka puasa bersama tersebut digelar di Aula PWM Lampung, di Jalan Kapten Tendean 07, Durian Payung, Bandarlampung pada Minggu, 26 Maret 2023. 

Sebagai penceramah dalam kajian ramadhan tersebut adalah Drs. Sutino Sasmito. Ada empat fase pendidikan yang dapat diraih dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Yaitu, tarbiyatul imaniyah, tarbiyatul ilmiah, tarbiyatul wa’iyah, dan tarbiyatul mutadarrrijah. Demikian diungkapkan Sutino Sasmito dalam ceramahnya.

Pengkajian dan bukber rutin yang digelar tiap Ahad di bulan Ramadan itu, selain guna mempererat silaturahmi antaranggota dan pimpinan Muhammadiyah, dimaksudkan sebagai pendalaman keilmuan bagi warga untuk meneguhkan ideologi Muhammadiyah.

“Kegiatan ini bertema, hikmah ibadah untuk menguatkan ideologi Muhammadiyah yang berkemajuan, tercatat ada ratusan peserta baik luring maupun daring yang berasal dari seluruh penjuru Lampung,” jelas Bejo Susanto, Wakil Ketua PWM Lampung.

Pembina Ponpes Darul Arqam Tangkitbatu, Natar itu menjelaskan, selain rutin, acara kajian Ramadan ini juga bakal menghadirkan berbagai pemateri yang berkompeten dan ahli di bidangnya.

kajian ramadhan 2023“Kajian Ahad ini kami hadirkan Drs. Sutino Sasmito, Ketua Majelis Tabligh PWM Lampung,” jelas dia. Sutino Sasmito sendiri, menjelaskan bagi warga Muhammadiyah hikmah Ramadan harus menjadi ajang pendidikan. “Pertama, tarbiyatul imaniyah. Yakni, pendidikan untuk menghidupkan hati agar memiliki rasa takut pada Allah. Kedua, tarbiyatul ilmiah. Artinya, beragama mesti berbasis keilmuan dan berdasarkan dalil yang benar dan kuat. Selain mesti menghindari taklid,” kata dia. Ketiga, lanjut penyuluh agama di Kemenag Lampung ini, tarbiyatul waiyah yaitu langkah mempelajari siasat dan musuh islam. Musuh di sini berarti hawa nafsu. “Cinta pada dunia, sedikitnya rasa malu, semua mesti dikendalikan,” jelas Sutino.
Keempat, tarbiyatul mutadarrijah.

“Pendidikan bertahap, ini penting sebab seorang muslim mesti mendapat pengetahuan secara bertahap dengan pendalaman untuk terus meningkat ke arah kesempurnaan iman.” Bulan Ramadan, jelas dia, ummat islam terutama bagi warga Muhammadiyah harus mampu mengaplikasikan rasa khouf (takut), roja (berpengharapan), serta hub (cinta) pada Allah SWT.

“Semua itu mesti dibimbing dengan iman dan islam, juga dengan pengetahuan yang benar, baik dalam hubungan dengan manusia maupun dengan Allah, bahkan dalam beramal, ummat mesti dilandasi dengan ilmu,” pungkasnya.(*)

Giat Persyarikatan

selamat1

selamat2

selamat4

selamat5

OFFICE

Majelis Pustaka 

Gedung Da'wah Muhammadiyah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung

JL. Kapten Piere Tendean No. 7 Palapa Durian Payung, Bandar Lampung 35116 Telphone/Fax: 0721-242117

Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
28
132
273
127724
4991
8485
128976
Your IP: 44.210.77.73
28-02-2024
© Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung Powered By Rubelmu.id

Rubid.id by Rubid.id