font-weight:800; font-size:12px;

One Month Farmer Meningkatkan Ekonomi Warga Melalui Mikro Plasma Budidaya Itik dan Ayam Kampung

IMG 1664
LPUMKM PWM Lampung bersama Fakultas Pertanian Unila Menggelar Pelatihan Budidaya Itik dan Ayam Kampung pada 21 Juli 2024. (Dok/LPUMKM PWM Lampung)

PWMLAMPUNG.OR.ID, Bandarlampung - Lembaga Pengembang UMKM Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung bersama Surya Pangan Indotama (SUAPIN) launching Program Mikro Plasma Budidaya Itik dan Ayam Kampung. Pada langkah awal SUAPIN menggelar Pelatihan Mikro Plasma Budidaya Itik dan Ayam Kampung di Laboratorium Lapang Pertanian Terpadu Fakultas Pertanian Universitas Lampung pada hari Sabtu, 20 Juli 2024.


Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Surya Pangan Indotama (SUAPIN) dengan Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Antusiasme yang tinggi terlihat jelas dari kehadiran Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung dan Wakil Dekan 2 Fakultas Pertanian Universitas Lampung. 

 

Pelatihan tersebut di launching Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung Prof Sudarman, Dalam sambutannya ia menyampaikan, PWM Lampung menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Surya Pangan Indotama (SUAPIN) bekerjasama dengan Fakultas Pertanian UNILA, melalui MoU yang sudah di tandatangani oleh kedua belah pihak pada pekan lalu untuk mengelola Laboratorium Lapang Terpadu Fakultas Pertanian UNILA, Laboratorium Lapang adalah asset yang sangat luar biasa dan jika bisa dikelola bersama oleh SUAPIN dan Fakultas Pertanian UNILA.


"Harapan Saya semoga kegiatan ini dimanfaatkan dan digunakan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan Muhammadiyah melalui SUAPIN bisa memberi manfaat dan manfaat itu bisa untuk Masyarakat luas," jelas Ketua PWM Lampung.

 

Melalui kegiatan ini pihaknya juga berharap semoga yang sebelumnya warga berbudidaya ayam dan itik dengan asal asalan, sekarang memelihara itik dan ayam tersebut berdasarkan ilmu.

 

"Surat Al-Isra' Ayat 36 (Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabannya). Jadi jangan mengerjakan sesuatu tidak berdasarkan ilmu dan dengan kesempatan ini bapak dan ibu akan dibekali dengan ilmu agar bisa bermanfaat untuk masyarakat luas," paparnya.

 

Wakil Dekan 2 Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Dr Qadar Hasani, menyampaikan, Kegiatan One Month Farmer ini merupakan upaya menjalankan perintah Allah SWT. Hal itu tertuang di dalam Al Qur’an.

 

"afala ta’qiluun (tidakkah kamu mengerti), afala tatafakkarun (apakah kamu tidak memikirkan), dan afala tatadzakkaruun (tidakkah kamu dapat mengambil pelajaran). Tujuannya supaya kita terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas usaha dibidang peternakan," kata Qadar Hasani.

 

Pembina SUAPIN, Jamhari Hadi Purwanta menyatakan, kita harus tetap optimis dan dinamis.

 

"Kita harus selalu bergerak yakin bahwa apa yang akan kita kerjakan mendapatkan pahala di sisi Allah SWT." kata Jamhari. 

 

Ketua SUAPIN, Danang Tri Hartanto menyampaikan, One Month Farmer merupakan usaha untuk meningkatkan pendapatan warga melalui mikro plasma peternakan itik dan ayam kampung. OM Farm ini bertujuan menjadi simpul kekuatan usaha mikro dibidang peternakan rakyat.

 

"Lalu dilanjut rangkaian kegiatan lain diantaranya, kontrak belajar dan briefing, teknik perkandangan itik pedaging dan ayam kampung unggul serta fase persiapan check-in DOD/DOC, teknik bududaya itik pedaging dan ayam kampung, manajemen ransum itik pedaging dan ayam kampung unggul, manajemen kesehatan itik pedaging dan ayam kampung unggul, kemudian praktik, seleksi, biosekuriti, vaksinasi, dan bedah bangkai. Lalu setelahnya dilakukan studi banding ke peternak mitra di Lampung Selatan," kata Danang.

 

Untuk tujuan utama program Pelatihan Mikro Plasma Budidaya Itik dan Ayam Kampung ini adalah untuk meningkatkan ekonomi warga melalui pengembangan usaha mikro dibidang peternakan itik dan ayam kampung.

 

Program Mikro Plasma Budidaya Itik dan Ayam Kampung diharapkan dapat memberikan manfaat bagi berbagai pihak, yaitu:

Bagi pelaku usaha mikro:

  • ​Meningkatkan pendapatan dan taraf hidup
  • ​Meningkatkan akses modal dan pasar
  • ​Meningkatkan kapasitas dan pengetahuan mengenai budidaya itik dan ayam kampung, manajemen usaha, dan kewirausahaan
  • ​Memperkuat jaringan dan kerjasama antar pelaku usaha mikro.

Bagi masyarakat:

  • ​Meningkatkan ketersediaan protein hewani yang terjangkau
  • ​Menciptakan lapangan kerja baru
  • ​Meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal.

Bagi pemerintah:

  • ​Membantu mengurangi tingkat kemiskinan
  • ​Meningkatkan pendapatan pajak
  • ​Mendukung pencapaian tujuan pembangunan Nasional.

(priyo/mpm)

Giat Persyarikatan

OFFICE

Majelis Pustaka 

Gedung Da'wah Muhammadiyah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung

JL. Kapten Piere Tendean No. 7 Palapa Durian Payung, Bandar Lampung 35116 Telphone/Fax: 0721-242117

Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
74
483
1999
121105
2369
8576
124828
Your IP: 18.219.239.176
08-09-2024
© Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung Powered By Rubelmu.id

Rubid.id by Rubid.id